Disnaker Ponorogo Fasilitasi Pemulangan Jenazah PMI yang Meninggal di Malaysia

PONOROGO-Kabar duka datang dari tanah rantau. Salah seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Ponorogo meninggal dunia di Malaysia. Ridwan (49) warga Desa Bulak, Kecamatan Balong meninggal pada Selasa (2/12/2020) pukul 23.28 waktu Malaysia.
Jenazah almarhum tiba di rumah duka Senin (7/12/2020) sekira pukul 05.30 WIB. Serah terima jenazah dilaksanakan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo, Bedianto kepada ahli waris dengan disaksikan LP3TKI Madiun, kepala desa dan warga setempat.

Selesai serah terima, jenazah langsung diberangkatkan ke tempat pemakaman menggunakan ambulans dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Ponorogo, Bedianto menjelaskan, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tidak menjadi PMI non lrosedural, karena merugikan yang bersangkutan dan keluarganya. Apalagi jika ada masalah di kemudian hari. “Alamarhum adalah PMI non prosedural yang sudah lama bekerja di Malaysia. Penyebab kematian ini adalah acute pontine hemorrhage with severe pnemonia. Jadilah PMI yang Pposedural” kata Bedianto.

Almarhum meninggal karena sakit. Pemulangan jenazah atas kerjasama berbagai pihak di antaranya KBRI di Malaysia, BP2MI, LP3TKI Madiun dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo.
Meskipun almarhum merupakan PMI non prosedural, tetapi fasilitasi pemulangan tetap dilayani. (*)