Penarikan Pekerja Anak Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) tahun 2015 Kabupaten Ponorogo

1

1

Jum’at (12/06) Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Ponorogo membuka acara kegiatan Penarikan Pekerja Anak Program Keluarga Harapan (PPA-PKH) Tahun 2015. Anak merupakan bentuk investasi yang menjadi indikator keberhasilan suatu bangsa dalam melaksanakan pembangunan, untuk itu perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat. Pada hakekatnya anak tidak boleh bekerja dan seyogyanya anak diberi kesempatan dan fasilitas untuk mencapai cita-citanya sesuai dengan perkembangan fisik, psikologis, intelektual dan sosial. Program pengurangan pekerja anak yang selanjutnya disebut dengan PPA-PKH merupakan salah satu upaya dari Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang mengkhususkan pada pengurangan pekerja anak yang putus sekolah dari rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) untuk dikembalikan ke dunia pendidikan.

2

Sejumlah narasumber yang dilibatkan dalam Kegiatan PPA-PKH adalah dari Dinas Pendidikan, Kementrian Agama, Dinsosnakertrans, Kepolisian, Dinas Kesehatan, unsur swasta dan LSM.

Harapan Setelah diadakan kegiatan ini untuk dapat merubah pola pikir dan pola perilaku baik orang tua anak maupaun pekerja anak sehingga terinspirasi untuk melanjutkan ke sekolah formal dan 3meningkatkan kesadaran orang tua untuk tidak melibatkan anak ikut bertanggung jawab dan memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga sehingga anak bisa hidup, tumbuh dan berkembang sesuai dengan harkat dan martabatnya.

 

(admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *